Cara menghemat baterai HP dan membuat baterai smartphone tahan lama

Cara menghemat baterai smartphone


Meskipun handphone atau smartphone Android keluaran terbaru yang di tanamkan daya baterai yang cukup besar dan fitur-fitur terbaru. Namun smartphone terbaru yang dibekali dengan spesifikasi dan fitur mutakhir tidak menjamin baterainya awet dan tahan lama. Apalagi jika pengguna smartphone yang senantiasa mengakses jaringan internet ataupun membuka berbagai aplikasi yang membuat baterai smartphone cepat habis dalam waktu singkat.

Seperti  baterai non-removable atau baterai yang melekat pada bodi smartphone banyak ditemui pada smartphone saat ini.
Tren baterai berkapasitas tinggi mulai 3,000 mAh ke atas juga biasa melekat pada smartphone flagship.
Meski sejumlah smartphone atau handphone telah membenamkan fitur fast charging atau pengisian cepat, namun baterai yang gampang habis tentu saja sangat menyebalkan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat baterai Hp atau baterai smartphone kamu lebih tahan lama:

1. Pilih tema / Wallpaper berwarna Gelap


Wallpaper animasi atau Live Wallpaper memang keren untuk dilihat.
Namun gambar animasi bergerak yang dipasang sebagai wallpaper justru akan menguras baterai smartphone kamu dalam waktu yang singkat.
Lebih baik gunakan wallpaper dengan warna gelap agar dapat menghemat baterai.
Apalagi smartphone kamu yang menggunakan layar Super AMOLED, menggunakan wallpaper  warna gelap sangat direkomendasikan untuk penghematan baterai.
Dan gunakan tema bawaan smartphone untuk lebih menghemat batre. menggunakan aplikasi tema yang banyak iklannya, akan menguras baterai smartphone kamu.

2. Matikan Aplikasi Bawaan Handphone/ Smartphone


Matikan aplikasi bawaan seperti Google Voice, Google maps, Gps dan lainnya.  Untuk menghemat baterai, lebih baik Anda menon-aktifkan sejumlah aplikasi bawaan dengan menuju ke pengaturan. Dan kamu bisa gunakan pada saat di butuhkan saja, selain menghemat baterai, cara ini juga bisa menghemat kuota internet kamu.

3. Gunakan Fitur Hemat Baterai


Pengguna smartphone dengan OS Android Marshmallow dibekali dengan fitur hemat baterai,  Dengan fitur hemat baterai ini, berbagai aplikasi yang dibuka dapat dinon-aktifkan saat smartphone dalam posisi stand-by. Fitur ini juga mampu mendeteksi smartphone yang tidak digunakan melalui sensor gerakan, sehingga dapat menon-aktifkan berbagai aplikasi yang menguras baterai.

4. Update Aplikasi


Aplikasi yang jarang di-update ke versi terbaru biasanya justru menyedot baterai. Dengan melakukan update aplikasi ke versi terbaru membuat aplikasi berjalan lebih baik dan ringan, karena biasanya aplikasi mendapatkan banyak pembaruan. sehingga baterai yang gampang habis bisa di antisipasi. Selain itu kamu dapat menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan.

5. Atur Kecerahan Layar


Jangan Menggunakan layar auto-brightness, karena tingkat kecerahan yang dimiliki membuat layar smartphone terlalu terang.
Lebih baik atur tingkat kecerahan layar secara manual sesuai kenyamanan kamu. Selain membuat mata lebih nyaman, mengatur kecerahan manual juga mampu menghemat baterai smartphone. Kamu bisa mengatur tingkat kecerahan layar melalui menu pengaturan di perangkat kamu, jangan pilih pengaturan otomatis.

6. Matikan data seluler jika tidak di gunakan


Kamu bisa menghemat penggunaan baterai smartphone Android dengan menon-aktifkan data internet jika tidak di gunakan, lebih baik aktifkan WiFi atau penggunaan data seluler saat kamu akan mengakses internet saja.

7. Gunakan charger Original / Bawaan smartphone dan jangan gunakan smartphon saat di charge


jangan gunakan handphone saat sedang di-charge, selain membuat baterai lama terisi penuh, menggunakan smartphone saat sedang di charge akan merusak baterai.
Dan gunakan charger original / bawaan handphone, agar daya baterai dapat terisi lebih cepat dan optimal.

Mungkin masih ada tips menghemat baterai hp supaya awet yang kamu gunakan, bisa kamu tambahkan cara menghemat baterai hp versi kamu di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara menghemat baterai HP dan membuat baterai smartphone tahan lama"