Penyebab Wifi lemot dan cara mengatasi penyebab koneksi internet Wifi lambat

Jaringan Wifi lemot? Apa penyebab wifi lemot? Bagaimana cara mengatasi wifi lemot? Jawabannya mungkin ada disini.


Kamu pengguna Wifi aktif? Ataupun sekedar pemburu Wifi gratis?
Wifi Keberadaan nya selalu dicari oleh setiap orang yang ada di tempat, seperti kafe, restoran, mall, warung kopi bahkan sekolah / kampus.

Seolah-olah Wifi adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang. Apalagi di saat kuota menipis, Wifi gratis adalah solusinya.

Banyaknya Aktivitas yang menggunakan internet menjadikan kuota internet penting, tapi membuat kuotamu cepat habis, maka dari itu dibuatlah / pasanglah Wifi agar kamu dapat menikmati aktivitas yang banyak dari kuota tersebut dapat teratasi. ataupun sekedar mencari Wifi gratisan di suatu tempat.

Namun terkadang menggunaakan Wifi kita mendapatkan masalah, yaitu letika Wifi lemot. Pasti hal tersebut membuat kamu sangat jengkel, bukan? Ternyata Wifi lemot juga memiliki penyebab, jadi kamu tidak langsung menganggap bahwa Wifi tersebut telah menghasilkan masa aktif paketnya. Nah, kali ini saya akan memberikan tips supaya koneksi internet dari Wifi tidak Lemot.

1. Wifi banyak penggunanya / Wifi digunakan banyak orang


Salah satu penyebab Wifi lemot adalah karena terlalu banyak pengguna yang menggunakan Wifi. Apalagi Wifi gratisan, biasanya banyak orang yang menggunakannya, menjadikan koneksi wifi terbagi - bagi. Maka dari itu wifi gratisan banyak yang koneksi internetnya lemot. Supaya koneksi internetnya cepat / tidak lemot. Gunakan wifi pada saat tidak banyak penggunanya

2. Ada kabel yang terputus / longgar
Bisa saja kabel LAN pada Wifi kamu terputus / longgar. Maka dari itu kamu harus memeriksa kabel LAN yang ada pada router Wifi.

Jika kamu kurang paham atau tidak bisa menyambungkan kabel LAN tersebut maka kamu harus segera menghubungi pihak penyedia pada Wifi untuk meminta bantuan. Karena jika router Wifi Rusak kamu juga yang Rugi.

3. Koneksi pada wifi bermasalah / Gangguan


Kamu sudah mengaktifkan jaringan Wifi tapi koneksi internet tetap melambat? Mungkin saja itu semua karena koneksi pada Wifi sedang bermasalah.

Jika kecepatan Internet masih wajar, mungkin saja kamu salah menempatkan
Router Wifi. Jika kecepatan internet, benar - benar down. bisa saja koneksi wifi kamu sedang bermasalah / gangguan jaringan.

4. mendownload atau mengupload file secara bersamaan

Memang dengan ketentuan Wifi membuat kita ingin cepat untuk mengunduh sebanyak-banyaknya, seperti mengunduh film, lagu, game dan lain-lain.

Namu dengan kapasitas yang besar akan membuat koneksi internet kamu menjadi melambat.

Mengapa bisa begitu? Itu karena Wifi akan mengalokasikan internet untuk memproses unduhan/uploadan di perangkat kamu. Jadi solusinya kamu dapat menunda mengunduh untuk bisa menikmati koneksi internet yang cepat, atau download/unggah satu persatu file yang kamu inginkan.

5. Meletakan Router Berdekatan dengan barang elektronik lainnya.

Apakah kamu menyimpan router Wifi berdekatan dengan barang elektronik yang lainnya? hal tersebut akan membuat koneksi internet kamy melambat atau lemot. Karena barang elektronik itu dapat menghasilkan gelombang elektro magnetik yang bisa memengaruhi internet.

6. Meletakan Router di ruang tertutup

Meletakkan router Wifi di kamar sering menjadi pilihan banyak orang, agar mendapatkan sinyal yang baik dan stabil. kamu harus meletakan router  di tempat yang terbuka.

Karena Jika kamu sedang berada di kamar / tempat yang memiliki router Wifi akan membuat koneksi menjadi kencang, tetapi jika kamu keluar dari kamr/ ruangan tersebut akan membuat koneksi internet menjadi lemot.

Maka dari itu, letakan router Wifi di tempat yang sesuai yang dapat terjangkau tetapi tetap terbuka, dengan begitu koneksi menjadi stabil.

7. Meletakan router di tempat yang rendah

Router Wifi sama seperti halnya kita menggunakan antena pada TV, yang mana jika router Wifi ditempatkan di posisi yang rendah akan mendapatlan jaringan yang kurang maksimal. maka dari itu jangan letakan di tempat yang rendah.

Mungkin itulah salah satu penyebab diatas yang membuat jaringan Wifi kamu lemot. Jika ada penyebab lainya menurut kamu, bisa kamu tambahkan di kolom komentar...

9 komentar untuk "Penyebab Wifi lemot dan cara mengatasi penyebab koneksi internet Wifi lambat"